Pages

Selasa, 01 Maret 2016

Per Satu Maret Dua Ribu Enam Belas

“Setiap orang harus tumbuh dan berkembang setiap waktu”, Salah satu kalimat motivasi yang enak didengar namun belum cukup mampu untuk diterapkan. Pertumbuhan dan perkembangan adalah parameter keberuntutngan seseorang. Orang yang beruntung adalah orang yang senantiasa tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Bukan hanya tumbuh dan berkembang dari sisi fisik yang direpresentasikan dengan pertambahan bobot dan tinggi badan, tetapi juga meliputi perkembangan pola pikir, sikap, dan juga akhlak.

spot gunung prau

Senantiasa tumbuh dan berkembang merupakan hal yang dapat direncanakan. Resolusi-resolusi yang bertebaran setiap awal tahun salah satu contohnya. Dalam tulisan ini, saya ingin sedikit membuat resolusi. Sebuah resolusi akan tindakan-tindakan yang sederhana yang semoga dapat memperbaiki kualitas kehidupan saya.

Per satu maret dua ribu enam belas, satu hal yang pertama ingin saya lakukan adalah konsisten menulis. Banyak manfaat menulis yang membuat saya ingin rutin menekuninya. Tidak dengan alasan utama mendapatkan penghasilan dari menulis, tetapi alasan aktualisasi diri yang saat ini jauh lebih penting. Mulai hari ini saya akan berusaha untuk minimal dua hari sekali menghasilkan satu tulisan. Bukan tulisan berat yang butuh tenaga ekstra untuk saya menulis dan pembaca memahaminya, tetapi tulisan ringan hasil pengalaman, pengamatan, dan imajinasi sehari-hari. Bahasan tentang detail mengapa saya punya resolusi untuk konsisten menulis mungkin akan saa tulis di tulisan tersendiri.

Hal lain yang ingin saya lakukan adalah mengurangi intensitas penggunaan smartphone. Bukan membatasi komunikasi dengan orang lain, tetapi untuk efisiensi kebermanfaatan smartphone yang saya miliki. Terlalu banyak waktu yang terbuang tanpa memberikan pelajaran apa-apa akibat terlalu lama berinteraksi dengan smarphone. Smartphone paling intens harus digunakan untuk komunikasi, selanjutnya sumber informasi, dan baru yang terakhir sebagai sarana hiburan. Bukan malah sebaliknya.

Selanjutnya adalah lebih intens berkomunikasi dengan orang lain, termasuk orang yang baru dikenal. Ada banyak manfaat dari berkomunikasi dengan orang lain. Banyak orang yang mengganggap berkomunikasi adalah seni mengembangkan diri. Selain mendapatkan banyak hal, berkomunikasi juga salah satu sarana memberikan banyak hal.

Per satu maret dua ribu enam belas, tiga hal sederhana di atas yang ingin saya lakukan. Dimulai dari hal sederhana yang semoga kedepannya berkembang dan menjalar ke kebiasaan yang lainnya. Dan semoga saya tidak hanya bisa merencanakannya, melainkan juga komitmen dan konsisten mengaplikasikannya.

Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar