Jumat, 24 Juni 2016

MEFT PROJECT

Sebuah program atau proyek yang saya namai dengan satu penggalan kata dari nama tengahku. 

Filosofi? Sama sekali tidak ada filosofi dari pemilihan nama tersebut. Tidak pula bermaksud promosi dengan brang meft. Kecuali username untuk akun clash royale dan clash of clans, tidak ada produk apapun yang saya keluarkan dengan brand meft. Murni hak prerogratif dan mungkin sedikit egoisme pribadi saya memilih nama tersebut. Nama adalah doa, tetapi apa yang dilakukan si pemilik nama adalah esensi doa itu sendiri. Dalam kasus ini, saya lebih setuju bahwa nama tidaklah berarti apa-apa kecuali sebagai penanda.

Jangan berharap lebih dengan menganggap meft project adalah program pembangunan dan kaya akan kebermanfaatan. Tidak ada program untuk membangun masyarakat Indonesia seluruhnya dan manusia Indonesia seutuhnya. Sama halnya dengan pemilihan nama, kegiatan dalam proyek ini juga murni hak prerogratif dan egoisme pribadi saya.

Meft project hanyalah perjanjian pribadi, motivasi, dan pengingat untuk selalu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kalaupun tidak bisa disebut dengan berkarya, setidaknya bukan hal yang merugikan diri sendiri pada khususnya dan khalayak pada umumnya.

Adapun isinya amat sangat sederhana. Terkait dengan salah satu kebutuhan mendasar, tidur, tidak akan tidur setelah subuh, habis ashar, dan sebelum jam sembilan malam. Setiap hari harus menghasilkan satu buah tulisan, entah tulisan dengan tujuan hiburan ataupun ide serta gagasan. Setiap hari harus menemuan suatu permasalahan kemudian membuat alternatif solusinya. Bisa masalah pekerjaan ataupun permasalahan-permasalahan sosial pada umumnya. Setiap hari harus mengambil minimal satu obyak gambar dengan kamera kemudian membuat caption atas gambar yang dihasilkan. 

Memang tidak banyak. Namun semuanya akan melatih kemampuan memanfaatkan waktu, kepekaan serta kepedulian, kreativitas, dan penyebaran nilai kebaikan. Dan semuanya merupakan unsur-unsur utama kemanusiaan. Unsur-unsur kemanusiaan pada tingkatan yang paling rendah. 

Begitu meft project untuk batch 1. Cukup sedikit dan kemungkinan mudah dalam aplikasinya. Dan memang seperti itu seharusnya. Dan jika yang sedikit dan mudah bisa dilaksanakan secara konsisten, akan ada meft project batch-batch berikutnya.

Dan sebagai penutup, Tuhan menyukai sesuatu yang sedikit tapi konsisten daripada langsung banyak namun hanya dilakukan sekali dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar