Minggu, 09 Juli 2017

Mini Merapi bernama Telomoyo

Dan akhirnya sampailah kami di Puncak Gunung Telomoyo. Tidak ada kaki yang benar-benar kelelahan, tidak ada nafas yang ngos-ngosan, dan tiada pula pundak yang pegel akibat beban carrier yang berlebihan. Hanya motor yang sedikit overheat serta lengan dan pergelangan tangan yang capek. 
pemancar puncak gunung telomoyo

Memang untuk mencapai puncak gunung dengan ketinggian 1894 mdpl yang berada di Kabupaten Semarang dan Magelang ini tidak perlu berjalan seperti ketika mendaki gunung pada umumnya. Telah terdapat jalan beraspal yang dapat dilalui motor dan mobil sampai dengan puncaknya. Jalan yang dibangun karena adanya pemancar radio (repeater) dan landasan paralayang di puncaknya. Namun demikian, ukuran jalan cukup sempit dengan kondisi sudah banyak yang rusak. Perlu kewaspadaan ekstra untuk dapat mencapai puncaknya. 

Di puncak, terdapat pelataran (halaman) kantor repeater pemancar yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan sekedar ngobrol (kumpul-kumpul). Terdapat pula beberapa jenis makanan yang dijajakan untuk menemani kumpul-kumpul. Secara potensi,seharusnya dapat dilihat gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, Sindoro, dan Ungaran dari Puncak Telomoyo. Namun faktanya tidak banyak yang dapat dilihat. Selain karena satu gunung yang tertutup gunung yang lain juga karena masih banyaknya halangan pandang di puncak sehingga tidak memugkinkan untuk melihat dengan sudut pandang 360 derajat. 

air terjun di gunung telomoyoKeindahan justru ditampilkan di sepanjang perjalanan menuju puncak. Hutan pinus khas tanaman ketinggian, kelok-kelok lahan pertanian dan pemukiman warga serta gagahnya Gunung Andong dan Merbabu terkadang mengalihkan perhatian dari kewaspadaan berkendara. Di tengah-tengah perjalanan juga terdapat aliran air yang membentuk air terjun. Di sepanjang jalan terdapat pula spot-spot untuk berhenti dan menikmati pemandangan. 

Dilihat dari kejauhan ketika semua bagian gunung ditampilkan barulah muncul sebuah kesadaran. “Bentuk Gunung Telomoyo hampir sama dengan gunung merapi”. Dilihat dari Gunung Andong, Gunung telomoyo berbentuk sedikit memanjang dengan puncak mengerucut, hampir sama dengan Gunung Merapi yang dilihat dari Merbabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar